Selasa, 03 Desember 2013

RSS (Really Simple Syndication)



           Pernahkah anda melihat sebuah website yang terdapat logo atau kata-kata RSS? Jawabannya adalah "Ya". Kebanyakan ketika kita membuka sebuah website atau mengunjungi blog, terdapat fasilitas RSS. Sebenarnya apa sih RSS itu? Dan apa kegunaannya?
            RSS adalah sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan (di antaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog. Singkatan ini biasanya mengarah ke beberapa
RDF Site Summary (RSS 0.9, RSS 1.0)
Rich Site Summary (RSS 0,91, RSS 1.0)
Really Simple Syndication (RSS 2.0)
            Pengertian sederhana dan kegunaannya adalah teknologi yang memudahkan kita untuk mendapat informasi terbaru dari web atau blog tersebut, tanpa kita harus membuka website tersebut. Cukup dengan berlangganan RSS ini, maka anda informasi terbaru langsung bisa anda dapatkan.
            Kemudian, apa itu Feed? Feed adalah pengumpul untuk mengecek situs yang menyediakan RSS dan menampilkan berbagai artikel baru yang ditemukan. Feed ini bisa berupa program komputer atau layanan yang berbasis online.
            Untuk dapat menggunakan RSS ini tidak sulit. Karena anda tinggal klik RSS button yang berwarna orange. Setelah itu anda akan diberikan pilihan untuk memilih RSS Reader yang dapat memudahkan anda seperti Google atau My Yahoo!. Untuk berikutnya anda tinggal klik "Subscribe". Atau juga bisa berlangganan lewat email. Ini disediakan oleh beberapa situs web yang memberikan layanan agar informasi terbaru langsung masuk ke dalam email pribadi anda. Caranya pun tidak jauh beda. Disini anda hanya tinggal memasukkan email anda dengan benar dan klik Subscribe.
            RSS Feed ini tidak hanya bisa di baca dari komputer saja. Tetapi bisa juga dari PDA, Hanphone, Smartphone, dll selama perangkat tersebut terdapat fasilitas aplikasi feed reader dan terkoneksi dengan internet.

Sejarah RSS  



            Saya tidak akan bicara panjang lebar mengenai sejarah RSS, yang past RSS pertama kali diperkenalkan oleh Netscape pada tahun 1999 yang digunakan pada situs My.Netscape.com. Pada waktu itu RSS yang keluar pertama kali adalah RSS versi 0.9 dan kepanjangan RSS waktu itu adalah RDF Site Summary.
            Tahukah anda, bahwa logo RSS yang berwarna orange dan ada gambar sinyal radio nya itu pertama kali digunakan oleh browser Mozilla Firefox pada tahun 2005. Dan untuk pertama kalinya Internet Explorer bekerjasam dengan Mozilla yaitu IE tertarik menggunakan icon RSS pada Firefox dan menggunakannya di browser IE7. Setelah itu Opera pun mengikutinya dan sekarang icon tersebut telah menjadi simbol RSS.

            Sekarang RSS telah ada dalam versi RSS 2.0 dan kepanjangannya sudah ganti menjadi Really Simple Syndication. Bahkan variannya juga sudah mulai banyak seperti Atom dan Podcasts. Tetapi RSS masih tetap paling populer karena kemudahannya sampai 
saat ini. 

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/RSS
http://dodolatoz.blogspot.com/2012/01/pengertian-rss-serta-penggunaannya.html
http://ceritasejarah.blogspot.com/2010/12/sejarah-rss.html

26 komentar:

  1. Mantap.,
    Baru tau aku juga tu. hahaha

    BalasHapus
  2. keren gan, infonya nambah ilmu nih . thanks gan

    BalasHapus
  3. ohh.. semacem tombol subcribe ya

    BalasHapus
  4. Infonya bermanfaat, nambah ilmu saya. Baguss :))

    BalasHapus
  5. infonya mantap...baru tau ane

    http://celoteh-galang.blogspot.com/

    BalasHapus
  6. baru tau ._. ty buat infonya :D

    BalasHapus
  7. mantap lah... thanks kak

    BalasHapus
  8. oh gitu ya? terus sekarang masih dipake ga tuh teknologi?

    BalasHapus
  9. ohh RSS mempermudah kita untuk mendapatkan informasi terbaru dari sebuah web/blog toh..

    NICE...!!!

    BalasHapus
  10. Tapi berarti kalau menggunakan layanan RSS Feed berarti otomatis kuota kita akan secara konstan terkuras kan yaa?
    Saya sendiri masih lebih menyukai fitur bookmark yang klasik, karena saya sendiri hanya membuka halaman web pada waktu tertentu *pendapat saya*

    BalasHapus
  11. Info yang bagus nih, buat orang2 yang sering baca blog2 bagus

    BalasHapus
  12. Keren mas ucok pembahasannya, lanjutkan!!

    BalasHapus
  13. thanks banget infonyaaaaaa bagus banget buat aku yang mash hijau dalam IT heheh :D

    BalasHapus
  14. udah biasa ini mah , sangat standar , coba cek blog gue deh keren pasti gan !! septianbook.blogspot.com

    BalasHapus
  15. saya baru tau , amazing info nya ! thanks gan..

    BalasHapus