Selasa, 03 Desember 2013

IPTV


A. Definisi Secara Umum


            Dari kata yang dibentuk dari kata IPTV terdapat 2 kata yang mengandung arti berbeda. Pertama mengenai IP, dari Wikipedia berarti“Protokol lapisan jaringan (network layer dalam OSI Reference Model) atau protokol lapisan internetwork (internetwork layer dalam DARPA Reference Model) yang digunakan oleh protokol TCP/IP untuk melakukan pengalamatan dan routing paket data antar host-host di jaringan komputer berbasis TCP/IP”. Dengan kata yang lebih bisa dimegerti IP adalah aturan-aturan yang mengatur alamat-alamat dalam suatu jaringan komputer atau antar user komputer yang berbasis pada aturan OSI layer dan biasanya IP ini lebih dikenal dengan protocol TCP/IP.
            Kemudian TV adalah “alat penangkap siaran bergambar. Kata televisi berasal dari kata tele dan vision; yang memiliki arti masing-masing jauh (tele) dan tampak (vision). Jadi televisi berarti tampak atau dapat melihat dari jarak jauh” diambil dari Wikipedia. Kemudian jika kita mengartikan secara bebas. TV berarti alat yang membantu manusia untuk menampilkan gambar atau bergamabar melalui berbagai media dan asal gambar tersebut dari tempat yang berbeda dengan kita.
            Jadi dapat disimpulkan IPTV adalah siaran televisi, video, teks atau data berbasis internet atau berbasi pada IP, dengan kecepatan minimal 2 megabyte perdetik atau bandwidth yang dapat diakses oleh para pelanggan. Teknologi IPTV ini  memanfaatkan jaringan internet yang berkolaborasi dengan  kabel telpon dan tv kabel atau satelit. Dengan IPTV ini para pelanggan disuguhkan berbagai fitur-fitur yang tidak ada pada televise analaog, di IPTV ini para pelanggan bisa dengan semaunya melihat acara di TV. Dan bisa merekam acara di TV, selain itu kita juga bisa menghentikan siaran TV tersebut dan melanjutkannya kapan pun kita mau. Jadi sangat menguntungkan bagi pelanggan. Penerapan IPTV ini semisal video di Youtube.
            Untuk mengakses IPTV memerlukan sebuah PC dan set top box yang terhubung pada tv. Set top box harus dilengkapi Internet Protocol Multimedia System (IMS) untuk mengkombinasikan antara mobile internet dan content broadcast. Penonton dapat menggunakan remote untuk mengontrol sistem yang ada dalam set top box misalnya untuk merekam, browsing, chatting, dsb.
            Dalam sistem layanan IPTV ini ada 4 pihak yang berperan penting dalam menentukan keberhasilan pengoperasian layanan IPTV  di Indonesia : 1) content provider yaitu penyedia program-program tv dan konten multimedia. 2) service provider yang befungsi untuk mengatur dan mengendalikan layanan IPTV. 3) network provider yaitu pihak yang menjalankan fungsi pengiriman dan distribusi. 4) customer yaitu pelanggan yang menikmati layanan IPTV.

B. Layanan yang Disuguhkan oleh IPTV


            Dari IPTV ini para penonton disuguhkan banyak fitur. Misalnya seperti yang sudah disebutkan di atas tadi. Itu masih sebagian kecil dari fitur yang dipunyai IPTV. Masih banyak fitur-fitur lain yang bisa disuguhkan. Fitur-fitur itu antara lain :
            Live tv adalah siaran televisi yang dipancarkan oleh stasiun-stasiun tv biasa Video, Music and News On Demand yaitu layanan siaran musik ,video dan siaran berita sesuai permintaan penonton. Voice Over Internet Protocol (VoIP) adalah teknologi yang memungkinkan komunikasi suara dan fax dengan menggunakan jaringan berbasis IP Parental guide yaitu layanan untuk melindungi anak dan remaja dari siaran yang yang tidak diperuntukkan bagi usia mereka dan masih banyak fitur lain yang disuguhkan,misal game online,online shop,dll.

C. Perkembangan IPTV di Indonesia


            Komersialisasi layanan televisi berbasis protokol internet (IPTV) di Indonesia diperkirakan baru bisa berjalan mulai 2010 mendatang. Saat ini, persiapan yang dilakukan untuk go live baru sebatas uji coba (trial). Sekarang memang sudah diuji coba di daerah ibukota. Tapi rencananay akan diujicoba juga di 4 kota besar lain, misal Surabaya, Bandung, Yogyakarta dan Medan.
            Sebelumnya, Telkom pernah mengungkap akan mulai menggelar IPTV di lima kota. Selain Jakarta, kota lainnya adalah Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya. Dalam menggelar layanan ini Telkom menggandeng PCCW sebagai penyedia perangkat. Sebagai penyedia konten nantinya anak usaha Telkom sendiri, Telkomvision. Pernyataan ini diamabil dari sumber.
            Televisi masa depan ini akan menjadi layanan yang sangat dinanti-nanti oleh para pengguna dikarenakan manfaat yang sangat besar dan sifatnya yang sangat personal dan interaktif.  Sebagai interaktif tv berbasis internet, IPTV memiliki keunggulan dari segi tampilan yakni ketajaman gambar yang sangat tinggi dan memberikan peluang komunikasi dua arah dan multiple stream. Dengan kehadiran IPTV, konsep komunikasi telah bergeser menjadi ‘broadcast yourself’ dimana semua pengguna bebas menentukan apa yang ingin ditonton sesuai kebutuhannya. Kehadiran tv masa depan ini membutuhkan dukungan dari berbagai pihak termasuk regulasi yang menjamin keamanan distribusi dan konsumsi layanan tersebut. Bagaimana pengaturan tv interaktif ini, akan menjadi pekerjaan rumah regulator

Sumber :
http://rio-ristrianto.blogspot.com/2012/11/konsep-iptv-internet-protocol-television.html
http://ameliaday.wordpress.com/iptv/
http://molequef3.blogspot.com/2009/03/pengenalan-iptv.html

21 komentar:

  1. oohhh.. thanks for the information :D

    BalasHapus
  2. Keren infonya, dari saya ngga tau mnjadi tauu. Good :))

    BalasHapus
  3. berguna banget dengan iptv

    BalasHapus
  4. thanks ya, jadi ngerti..

    BalasHapus
  5. thanks bgt infonya...
    http://celoteh-galang.blogspot.com/

    BalasHapus
  6. minta iptv semua channel indonesia dong gan

    BalasHapus
  7. @Mari Baca bisa cek di
    mivo.tv
    untuk beberapa channel lokal sekaligus internasional ^^

    ...tapi sayang akses internet memadai tidak dimiliki kebanyakan kalangan di tanah air, jadi layanan IPTV belum bisa dinikmati secara maksimal disini...

    BalasHapus
  8. Semoga rakyat Indonesia bisa cicipin teknologi ini ya bukan cuma beberapa kalangan doang

    BalasHapus
  9. Mas ucok, lanjutkan yaa buat artikel yang menarik lagi!

    BalasHapus
  10. jadi maksudnya TV mau dibuat berbasis Internet nih??? wah canggih juga yahhh broo

    BalasHapus
  11. weh gua baru tau apa itu IPTV. Ahahahaha terima kasih atas infonya, nes!

    BalasHapus
  12. Thanks kak, artikelnya bermanfaat bgt nih..
    lumayan buat nambah2 ilmu pengetahuan, keep share.. :) (y)

    BalasHapus
  13. Oh gitu ya, gue baru tau IPTV itu apa. Thanks, Cok :D

    BalasHapus
  14. oke thanks info nya ...
    tulisan nya di buat lebih putih lagi ...
    jadi agak sakit mata tiba - tiba ada warna putih terang ....

    BalasHapus